Rabu, 21 Oktober 2015

APA ITU DEMOKRASI..?

Pengertian demokrasi menurut para ahli

pengertian demokrasi
1. Pengertian demokrasi menurut Abraham lincoln
Demokrasi adalah suatu pemerintahan yang berasal dari rakyat, olehrakyat dan untukrakyat. Dapat disimpulkan bahwa pemegang kekuasaan yang tertinggi dalam suatu sistem demokrasi yaitu ada di kuasa rakyat dan rakyat memiliki hak, kesempatan dan suara yang sama untuk mengontrol dan mengatur kebijakan pemerintah melalui keputusan yang terbanyak.
2. Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen
Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan dimana segala keputusan pemerintah yang penting secara langsung ataupun tidakdidasarkan padakesepakatan mayoritas yang diberikan dengan bebas kepada rakyat dewasa.
3. Pengertian demokrasi menurut Sidney Hook
Demokrasi adalah sistem pemerintahan dimana setiap keputusan pemerintah yang penting secaralangsung ataupun tidak didasarkan padakesepakatan mayoritas yang diberikan bebas dari rakyat dewasa.
4. Pengertian demokrasi menurut H. Harris Soche
Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan rakyat karena itu kekuasaanpemerintahanmelekat pada diri rakyat / orang banyak dan hak bagi rakyat atau orang banyak untuk mempertahankan, dan mengatur serta melindungi dari sebuah paksaan dan pemerkosaan orang lain / badan yang diserahi untukmemerintah.
5. Pengertian demokrasi menurut Ranny
Demokrasi adalah suatubentukpemerintahan yang ditata dan diorganisasikan berdasarkan prinsipprinsip kedaulatan rakyat,kesamaan politi,konsultasi atau dialogdenganrakyat dan berdasarkan padaaturan yang mayoritas.
6. Pengertian demokrasi menurut Hannry B.Mayo
Demokrasi adalah suatu kebijaksanaan umum yang ditetapkan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasisecara efektif oleh rakyat dalam setiap pemilihan yangdidasarkanatas prinsip kesamaan politik dan dilaksanakan dalam suasana dimanaterjadi kebebasan politik.
7. Pengertian demokrasi menurut Merriam, Webster Dictionary.
Demokrasi diartikan sebagai pemerintahan oleh rakyat yang secara khusus oleh mayoritas dan pemerintahan dimana kekuasaantertinggi tetap dijalankan oleh rakyat baik langsung maupun tidak langsung dengan melewati sistem perwaklan yang biasanya dilakukandengan mengadakan pemilu secara bebas yang dilaksanakan secara periodik dan rakyat umumkhususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik dan tidakadanya perbedaan kelas yang berdasar atas keputusan yang semena-mena atau berdasarkan keturunan.
8. Pengertian demokrasi menurut C.F. Strong
Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang mayoritas anggota dewan dari masyarakat yang turut ikut dalam politik berdasarkan sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya dapat mempertanggungjawabkan segala tindakan pada mayoritas tersebut.
9. Pengertian demokrasi menurut Abdul Ghani Ar Rahhal.
Demokrasi adalah kekuasaan oleh rakyat dimana rakyat sebagai sumber kekuasaan. Ia menyebutkan bahwa Plato merupakan orang yang pertama kali mengungkapkan teori demokrasi, dimana sumberkekuasaannya merupakan keinginan yang tunggal bukan majemuk.
10. Pengertian demokrasi menurut Yusuf Al-Qordhawi
Demokrasi adalah suatu wadah bagi masyarakat untuk memilih seseorang untuk menjadi pengatur kepentingan masyarakat dimana pimpinannya bukanlah orang yang dibenci, peraturannya bukan yangmasyarakat tidak dikehendaki dan masyarakatberhak meminta pertanggungjawabab kepada penguasa apabila pemimpin tersebut salah. Tetapi masyarakat tidak berhak memecatnya jika menyelewengkan, masyarakat juga tidak bisa dibawa dalam sistem ekonomi, budaya, sosial atau sistem politik yang tidak dikenali dan tidak disukai.
11. Pengertian demokrasi menurut Koentjoro Poerbopanoto adalah suatu sistem yang dimana rakyat mesti ikut turut aktif berparsipasi dalam pemerintahan negara.
12. Pengertian demokrasi menurut Charles Costello adalah suatu sistem dalam politik pemerintahan dan sosial dengan kekuasaan terdapat di pemerintah tapi dibatasi oleh hukum dan juga merupakan suatu kebebasan kepada setiap warga negara dalam melindungi seluruh hak-haknya.
13. Pengertian demokrasi Menurut Samuel Huntington adalah demokrasi bisa hadir ketika para pembuat keputusan yang terkuat dalam suatu sistem itu dipilih melalui pemilu yang adil, jujur dan berkala serta menerapkan kebebasan bersaing untuk setiap calon yang bertujuan untuk memperoleh suara
14. Pengertian demokrasi menurut Maurice Duverger adalah cara pemerintahan dimana ada suatu golongan yang mesti diperintah dan memerintah sama ataukah tidak terpisahkan.
15. Pengertian demokrasi menurut Prof. Mr. Muhammad Yamin adalah suatu dasar didalam pembentukan pemerintahan dan berada didalamnya atau masyarat dalam sebuah kekuasaan untuk mengatur dan memerintah agar dikendalikan secara sah oleh setiap seluruh warga negara.
16. Pengertian demokrasi menurut International Commision of Jurist adalah suatu bentuk pemerintahan yang dimana terdapat hak dalam membuat sebuah keputusan politik mesti diselenggarakan oleh rakyat lewat para wakil yang telah terpilih dalam sebuah proses pemilu.
17. Pengertian demokrasi menurut Affan Ghafar adalah terbagi dalam dua hal yaitu demokrasi normatif adalah demokrasi yang umumnya diwujudkan oleh negera. Sedangkan untuk demokrasi empirik adalah suatu demokrasi yang wujudnya hanya berada di dunia politik.
18. Pengertian demokrasi menurut Yeni R. Lukiswara dan Sumarno AP adalah pemerintahan dari rakyatt, olehh rakyat dan untukk rakyat.
Nah dari pengertian demokrasi menurut para ahli diatas, kita dapat merumuskan bebera macam-macam demokrasi yaitu sebagai berikut:
1. Demokrasi pancasila adalah sistem demokrasi yang terpusat pada aspirasi, kepentingandan suara rakyat serta memiliki jiwadandasar paham pancasila atau nilai-nilai luhur pancasli yang bersumberpada tata nilaisosialbudaya.
2. Demokrasi liberal adalah sistem demokrasi yang menekankan pada kebebasan manusia untuk memiliki kepentingan manusia dan kekuasaan dalam pemerintahan yang dibatasi oleh undangundang.
3. Demokrasi terpimpin adalah sistem demokrasi yang ingin mengarahkan pada pimpinan tunggal
4. Demokrasi proletar adalah sistem demokrasi yang ingin menyejahterakan rakyat dengan segala sesuatuny ditetapkan dan dikuasai oleh negara serta tidak mengenal kelas masyarakat.
5. Demorasi totaliter adalah demokrasi yang mempunyai tujuan utama untuk menghalalkan segala cara.
6. Demokrasi titular adalah suatu sistem demokrasi yang bercampur dengan gaya lama dan modern.
7. Demokrasi formal adalah suatu demokrasi yang menempatkan persamaan kedudukan setiaporang dalam politik dengan tidak menyertakan upaya dalam menghilangkan kesenjangan ekonomi.
8. Demokrasi material adalah demokrasi yang tercipta atas persamaan ekonomi dan sosial.
9. Demokrasi campuran adalah demokrasi yangmenciptakan kesejahteraanrakyat dengan memposisikan semuaorang dengan hak yang sama.
Dari macam-macam demokrasi diatas maka kita dapat menemukan bebebrapa ciri-ciri demokrasi yaitu sebagai berikut:
1. Memiliki jaminan kekuasaan yang disepakati secara bersama
2. Memiliki jaminan kemerdekaan bagi setiap warga negara untuk berkumpul dan beroposisi.
3. Memiliki jaminan HAM (baca pengertian ham menurut para ahli).
4. Memiliki kekuasaan pemerintahan yang dikendalikan oleh rakyat dengan melalui utusan yang dipilih rakyat.
5. Memiliki persamaan kedudukan dan perlakuanbagi seluruh warganegara dalamhukum.
Adapun prinsip-prinsip demokrasi yang harus diketahui yaitu sebagai berikut:
1. Adanya jaminan hak asasi manusia atau HAM
2. Persamaan didepan hukum
3. Konstitusi membatasi kekuasaan pemerintah
4. Ada kebebasan pers.
5. Kebebasan memberikan pendapat dan berserikat
6. Pemilu yang jurdil (jujur, adil dan bebas) sesuai dengan aspirasi rakyat.
7. Peradilan yang adil dan jujur serta tidak memihak.

Demikianlah informasi tentang pengertian demokrasi menurut para ahli | Mudah-mudahan informasi tentang pengertian demokrasi menurut para ahli dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan tentang pengertian demokrasi menurut para ahli.

Tiada ulasan: